SELAMAT DATANG ! DI SMK TARUNA BANGSA MALANG

Minggu, 12 September 2010

PROFIL

PROFIL
SMK TARUNA BANGSA

1. Nama Sekolah : SMK Taruna Bangsa Malang
2. Jenis Sekolah : Sekolah Menengah Kejuruan
3. Program study /Kompetensi Keahlian :
3.1. Administrasi perkantoran
3.2. Keuangan
a. Akutansi
b. Keuangan
3.3. Teknik Komputer dan Informatika
a. Rekaya Perangkat Lunak
b. Teknik Komputer dan Jaringan
c. Multi Media
4. Alamat : Jl. Raya Parangargo No.38 Wagir Malang
5. Telp/Fax : (0341) 800677
6. Pendiri : Lembaga Pendidikan Maarif NU
7. Akte Notaris : Joenoes E. Maogimon SH No.103 Tahun 1986
8. Ketua Yayasan : Drs. H. M. Ali Arifin, M.Si
9. Ket. Tim Pemb. SMK : Agus Heriadi, S.Pd
10. Kepala Sekolah : K a e r I, S.Pd
11. Berdiri : 08 Agustus 2008




TIM MANAJEMEN PENDIRIAN
SMK TARUNA BANGSA

Dewan Pembina : Drs. H. Rendra Kresna, SH. MM. MPM. MAP
: Drs. H. Kamilun Muhtadin, M.Si
: Drs. H. Mahmud Zubaidi, M.Ag

Dewan Pengawas : Prof. Dr. Warsono MS
: Drs. H. Malik Abdulah, M
: Adiono, S.Pd
: Drs. H. Amin Sidiq, M.Si

Ketua : Agus Heriadi, S.Pd
Wakil Ketua : Kaeri, S.Pd
Sekretaris : Dwi Putri H, A.Md
Wk Sekretaris : M. Asari, S.Kom
Bendahara : Fauziatun

Anggota-anggota:

1. Drs. Purwadi
2. Abdul Mufid, S.Pd
3. Koko Rubianto, SH. S.Pd
4. Drs. Asari
5. Soim Junaedi, S.Pd
6. Sugiono, S.Ag
7. Nurul Dwi Yulianti, S.Sos
8. Rea Anggraeni, S.Pd


LATAR BELAKANG
Pada dasarnya menurut Drs. KH. Tolhah Hasan (1993) ada dua pandangan tentang pendidikan yang seringkali diperdebatkan. Pertama, pandangan yang mengatakan bahwa pendidikan merupakan proses pewarisan, penerusan, dan sosialisasi perilaku individual maupun sosial, yang telah menjadi model panutan masyarakat secara baku. Kedua, yang mengartikan pendidikan merupakan upaya fasilitatif yang memungkinkan terciptanya situasi atau lingkungan dimana potensi-potensi dasar yang dimiliki anak didik dapat berkembang sesuai dengan tuntutan kebutuhan mereka pada jaman ketika mereka survive.
Sementara itu, pendidikan yang mampu mendukung pembangunan di masa mendatang adalah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi peserta didik sehingga yang bersangkutan mampu menghadapi dan memecahkan problema kehidupan yang dihadapinya. Pendidikan harus menyentuh potensi nurani maupun potensi kompetensi peserta didik.
Konsep pendidikan tersebut terasa semakin penting ketika seseorang harus memasuki kehidupan di masyarakat dan dunia kerja karena yang bersangkutan harus mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah untuk mengatasi problema yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari saat ini maupun masa yang akan datang.
Berkenaan dengan hal yang tersebut di atas maka kami pengurus Lembaga Pendidikan Maarif NU, yang selama ini memang concern dalam dunia pendidikan bermaksud untuk mengembangkan pendidikan yang mampu mengembangkan potensi peserta didik dalam percaturan global, yang dilakukan dengan mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Taruna Bangsa Malang, dengan bidang keahlian Manajemen Bisnis dan informatika.

LANDASAN
Sebagai pendidikan menengah Kejuruan, pendirian SMK Taruna Bangsa mempunyai landasan sebagai berikut:
1. Landasan Filosofis, bahwa pendidikan merupakan proses yang terus enerus harus dilalui oleh manusia, seperti yang diungkapkan oleh Nabi Muhammad SAW, ‘Utlubu al ilma min al mahdi ila al lahdi’, tuntutlah ilmu mulai buaian bunda sampai ke liang lahat. Dimana sabda Nabi ini oleh kalangan pendidikan internasional di inspirasikan sebagai long live education.
2. Landasan Ekonomis, bahwa pendidikan kejuruan yang bermutu di Kabupaten Malang belum banyak, yang ada masih ada di luar wilayah kabupaten Malang, dan tentunya ini memerlukan pembiayaan yang tidak sedikit, karena itu harus dicari terobosan untuk membuat sekolah menengah kejuruan yang dimanajemeni dengan benar, profesional dan berwawasan global. Pendidikan menengah kejuruan sendiri harus dijalankan atas dasar prinsip investasi SDM (human capital investment). Semakin tinggi kualitas pendidikan dan pelatihan yang diperoleh seseorang, akan semakin produktif orang tersebut. Akibatnya selain meningkatkan produktivitas nasional, meningkatkan pula daya saing tenaga kerja di pasar kerja global. Untuk mampu bersaing di pasar global, sekolah menengah kejuruan harus mengadopsi nilai-nilai yang diterapkan dalam melaksanakan pekerjaan, yaitu disiplin, taat azas, efektif, dan efisien.

3. Landasan Yuridis, antara lain:
• UUD 1945;
• Undang-undang Republik Indonesia Nomor: 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
• Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 323/U/1997 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda pada Sekolah Menengah Kejuruan;
• Ketentuan-ketentuan lain (yang akan disusun) berkaitan dengan Sistem Pendidikan Nasional Indonesia pada umumnya dan Pendidikan Menengah Kejuruan pada khususnya.

VISI – MISI

Visi
Menjadi institusi pendidikan manajemen bisnis dan informatika yang mempunyai keunggulan kompetitif dalam menyiapkan lulusan yang bermutu, terampil, kompeten, profesional, berstandar nasional, selaras dengan kebutuhan dunia usaha dan mampu bersaing dalam dunia global dengan berbasis penguasaan dan praksis IPTEK dan IMTAQ.

Misi
1. Menyiapkan tenaga kerja unggul tingkat menengah yang memiliki pengetahuan, sikap dan keahlian profesional serta mampu bersaing dibidang bisnis & Manajemen dan informatika.
2. Menciptakan suasana akademik yang kondusif, efektif dan efisien di sekolah dengan mengembangkan materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dunia usaha serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3. Menyiapkan lulusan unggul yang bermental enterprener yang mampu menciptakan lapangan kerja mandiri.
4. Menghasilkan lulusan unggul yang punya kecakapan ketrampilan, emosional dan spiritual.

MANAJEMEN MUTU & SASARAN KEBIJAKAN MANAJEMEN MUTU
Menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan yang terbaik yang diharapakan bisa menerapkan dan memenuhi persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000
SASARAN
1. Jumlah lulusan yang memiliki sertifikat Uji kompetensi bertaraf nasional sebesar 50 %.
2. Minimal 50 % dari jumlah lulusan memperoleh skor TOEIC > 450 dan / atau nilai Ujian Nasional Bahasa Inggris > 6,00, nilai Ujian Nasional Matematika > 6,00 dan nilai Ujian Nasional Bahasa Indonesia > 6,00\
3. Mengadakan Peningkatan Sistem Manajemen Sekolah untuk mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2000.

RENCANA
JURUSAN YANG DIKEMBANGKAN

Sesuai dengan kebutuhan yang berkembang dan seiring dengan perkembangan era, SMK Taruna Bangsa Wagir-Malang bermaksud membuka jurusan-jurusan yang bisa langsung diserap oleh instansi pemerintah maupun dunia usaha, antara lain membuka 2 (Bidang) bidang keahlian dengan 4 (lima) Program keahlian yaitu:
1. Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen dengan Program keahlian:
a). Administrasi Perkantoran
b). Manajemen Bisnis
2. Bidang Keahlian Teknologi komunikasi dan Informasi dengan Program:
a). Teknik Komputer dan Jaringan;
b). Multimedia
Semua program studi yang ada berbasis komputer dan ditunjang dengan kemampuan Bahasa Inggris standar TOEIC, serta ditambah penguatan di bidang kewirausahaan (entrepreneurship).




EKSPEKTASI PROFIL KOMPETENSI LULUSAN
Profil Kompetensi Lulusan SMK Taruna Bangsa yang diharapkan:
1. Profil kompetensi lulusan Program Keahlian Perkantoran
1. Mampu menyelesaikan pekerjaan pengetikan dengan U
2. Mampu mengkonsep surat niaga dan dinas dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan benar
3. Menerapkan prinsip-prinsip dan tehnik pengelolaan warkat/arsip
4. Mampu menerima dikte steno dan melatinkan kembali dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
5. Mampu melaksanakan pekerjaan sekretaris umumnya, baik instansi pemerintah atau swasta.
6. Mampu mengaplikasikan komputer untuk administrasi perkantoran.
7. Mampu membaca dan menulis Inggris.
2. Profil kompetensi lulusan Program Studi Manajemen Bisnis
1. Mampu merencanakan bisnis
2. Melayani pembelian dalam perdagangan
3. Mampu melakukan pemasaran
4. Mampu mengelola barang
5. Mampu melaksanakan tugas kekasiran
6. Mampu melaksanakan administrasi penjualan dan pembelian
7. Mampu melaksanakan tugas perantara dagang
8. Mampu mengelola kegiatan usaha perdagangan
9. Mampu mengoperasikan komputer untuk kegiatan perdagangan.
10. Mampu berbahasa Inggris untuk kegiatan perdagangan.
3. Profil kompetensi lulusan Program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan
1. Mampu merancang dan merawat PC
2. Mampu mendiagnosis permasalahan pengoperasian, perbaikan dan perwatan PC Periferal.
3. Mampu melakukan perbaikan dan atau seting ulang sistem.
4. Mampu melakukan dan menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface)
5. Mampu melakukan dan menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis TEXT.
6. Mampu menginstalasi, membackup dan merestore software.
7. Mampu menginstalasi, mendiagnosis dan melakukan perbaikan perangkat jaringan local LAN.
8. Mampu menginstalasi, mendiagnosis permasalahan, merancang bangun dan menganalisa perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
9. Mampu mengadministrasi server dalam jaringan
10. Mampu membaca dan memahami bahasa Inggris dalam program computer.


Struktur Organisasi
Sekolah Menengah Kejuran (SMK) Manajemen Bisnis & Informatika
TARUNA BANGSA-MALANG
LEMBAGA PENDIDIKAN MAARIF NU KAB. MALANG















PLANNING PENDIDIKAN
MASA PENDIDIKAN
Masa pendidikan dirancang lulus dalam waktu 3 tahun dengan pembagian waktu 4 semester di sekolah dan 2 semester di lapangan untuk pelaksanaan Praktek Kerja Industri ( Prakerin ).
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk kegiatan kurikuler dan extra kurikuler.
1) Kegiatan Kurikuler
Kegiatan Kurikuler merupakan kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan struktur kurikulum dan dilakukan melalui kegiatan Pembelajaran untuk mengembangkan kompetensi peserta didik sesuai dengan bidang keahliannya ditambah dengan kurikulum local berupa penguasaan bahasa Inggris aktif dengan memakai standar TOEIC, penguasaan computer dan internet serta penguasaan bidang entrepreneurship (kewirausahaan)

2) Kegiatan Ekstrakurikuler
Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan di luar jam diklat yang telah ditentukan dan ditujukan untuk pengembangan bakat yang mendukung pembentukan kepribadian peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler berada dibawah koordinasi Wakasek Kompetensi dan Prestasi Siswa
B. Pendekatan Pembelajaran
Pembelajaran dilaksanakan seoptimal mungkin dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran berbasis kompetensi yang mengedepankan tingkat penguasaan pengetahuan (kognitif), sikap (afektif) dan ketrampilan (Psikomotorik/skill) peserta didik. Prinsip Pembelajaran yang dilakukan dan dikembangkan di SMK Taruna Bangsa adalah learning by doing (belajar melalui aktivitas) yang dapat memberikan pengalaman empiris bagi peserta didik menuju Pembelajaran berbasis produksi.

Pembelajaran dilakukan melalui jalur pendidikan dan latihan mandiri dimana peserta didik belajar dan berlatih di sekolah dan dikombinasikan dengan pendidikan dan latihan di industri melalui program praktek kerja industri (Prakerin ) di tambah lagi dengan pendidikan special bahasa Inggris, computer & Internet dan entrepreneurship (kewirausahaan).
C. Pola Penyelenggaraan
Pendidikan dan Pelatihan di SMK Taruna Bangsa menerapkan Pola :
1) Pola Pendidikan Sistem Ganda
2) Bimbingan dan Konseling
PLANNING PELATIHAN
Pelatihan yang diadakan di SMK Taruna Bangsa terdiri dari :
• Pelatihan Akuntansi
• Pelatihan Manajemen
• Pelatihan Bahasa Inggris
• Pelatihan Komputer Multimedia
• Pelatihan Sekretaris
• Pelatihan Perpajakan
• Pelatihan Entrepreneurship (Kewirausahaan)
• Pelatihan ESQ dan FQ
• Pelatihan Bahasa Asing
Dari pelatihan tersebut dibagi ke siswa sesuai dengan program keahlian yang di ikutinya dan tingkatannya, khusus untuk komputer harus di ikuti oleh semua program keahlian dan seluruh tingkatan.
Untuk pelatihan komputer materi yang ada Pengenalan Windows, MS Office (Word, Excel, Access, Power Point), komputer akuntansi, Database for windows, utility desktop (paint shop, instant artist), pengenalan internet, membuat homepage (Front page), dan juga web design.
Komputer yang digunakan untuk pelatihan direncanakan terdiri dari 40 komputer pentium IV dan semua terhubung dengan jaringan (LAN) plus akses internet 24 jam menggunakan Cable Vision (Leased Connection).
Untuk Bahasa Inggris sudah mempunyai satu Lab yang terdiri dari 28 buah dan juga ada materi untuk belajar TOEIC yang akan membimbing siswa bisa lancar berbahasa Inggris.
Untuk pelatihan Akuntansi dipakai lab khusus yang akan membimbing siswa untuk bisa dapat memperoleh sertifikat nasional, baik tingkat dasar satu, dasar dua dan trampil serta mahir.
Pelatihan Sekretaris di khususkan ke siswa program keahlian sekretaris yang nantinya siswa akan memperoleh sertifikat tingkat nasional yang materinya berupa kepribadian, kearsipan, surat menyurat indonesia dan inggris.
Sementara itu pelatihan Perpajakan dikhususkan untuk program keahlian akuntansi dan manajemen bisnis. Untuk pelatihan manajemen, entrepreneurship, ESQ dan FQ diwajibkan bagi seluruh siswa SMK Taruna Bangsa.
KEAHLIAN
Tujuan Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara Khusus tujuan Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

a. Menginstalasi perangkat komputer personal dan menginstall sistem operasi dan aplikasi;
b. Menginstalasi perangkat jaringan berbasis lokal;
c. Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas;
d. Merancang bangun dan mengadministrasi jaringan berbasis luas.

STANDAR KOMPETENSI KEAHLIAN
Standar kompetensi keahlian yang digunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum di SMK Taruna Bangsa adalah Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) pada Bidang Teknologi Informatika.
Standar kompetensi dan level kualifikasi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan digambarkan pada Tabel 1.

Tabel 1. Standar Kompetensi dan Level Kualifikasi Teknik Komputer dan Jaringan.


Kode Kompetensi Sertifikat
Kompetensi Level Kualifikasi Jenjang Pendidikan
HDW.DEV.100.(2).A• Menginstalasi PC Teknisi Komputer (Computer technici-an)/CompTIA A+1 (atau sertifikat lain yang sejenis) Teknisi Komputer SMK


HDW.MNT.201.(2).A Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan peripheral
HDW.MNT.203.(2).A Melakukan perbaikan dan / atau setting ulang sistem PC
HDW.MNT.204.(2).A Melakukan perbaikan periferal
HDW.MNT.101.(2).A Melakukan perawatan PC
HDW.MNT.102.(2).A Melakukan perawatan peripheral
SWR.OPR.101.(2).A• Menginstalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface)
SWR.OPR.102.(2).A• Menginstalasi sistem operasi berbasis text
SWR.OPR.100.(1).A Menginstalasi software
SWR.MNT.200.(1).A Mem-Back-Up dan Me-Restore software
NTW.OPR.100.(2).A• Menginstalasi perangkat jaringan lokal (Local Area Network) Teknisi Jaringan (Network Technician)/
CompTIA
Server +2
(atau sertifikat lain yang sejenis) Teknisi Jaringan
HDW.MNT.202.(2).A Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan
HDW.MNT.205.(2).A Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi jaringan
SWR.OPR.103.(2).A• Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface)
SWR.OPR.104.(2).A• Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis text
NTW.OPR.200.(2).A• Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network ) Administrator Jaringan Level 1
(Network Administrator Level 1)

CCNA
(atau sertifikat lain yang sejenis) Administrator Jaringan Level 1
NTW.MNT.201.(2).A• Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network )
NTW.MNT.202.(2).A• Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (Wide Area Network )
NTW.MNT.300.(3).A• Mengadministrasi server dalam jaringan
Merancang bangun dan menganalisa Wide Area Network CCNP dan MCSE
(atau sertifikat lain yang sejenis) Administrator Jaringan Level 2 dan 3 SMK
4 Tahun•
NTW.DEV.200.(3).A• Merancang bangun Wide Area Network Administrator Jaring-an Level 2 (Network Administrator Level 2)/
CCNP4
Administrator Jaringan Level 2 Diploma III
NTW.RND.200.(3).A• Menganalisa sistem Wide Area Network Administrator Jaringan Level 3
(Network Administrator Level 2)/CCNP
Administrator Jaringan Level 3 Strata 1
NTW.OPT.200.(3).A• Mengembangkan sistem Wide Area Network Administrator Jaringan Senior
(Senior Network Administrator)/
CCIE5 EDP Strata 2
dan 3
Setiap unit kompetensi didukung oleh kompetensi kunci yang terdiri dari tiga level seperti Tabel 2.


Tabel 2. Level Kompetensi Kunci


No KOMPETENSI KUNCI LEVEL 1 LEVEL 2 LEVEL 3
A MENGUMPULKAN, MENGANALISA DAN MENGELOLA INFORMASI:
Kapasitas untuk mengumpulkan informasi, memindahkan dan menyeleksi informasi dalam rangka memilih informasi yang diperlukan untuk dipresentasikan, mengevaluasi sumber dan cara memperoleh informasi tersebut Mengakses dan menyim-pan dari satu sumber Mengakses, memilih dan menyimpan dari beberapa sumber Mengakses, mengevaluasi dan mengatur dari berbagai macam sumber
B MENGKOMUNIKASIKAN IDE-IDE DAN INFORMASI:
Kapasitas untuk berkomunikasi dengan orang lain secara efektif menggunakan beragam bahasa, tulisan, grafik dan expresi non verbal lainnya Sederhana dengan aturan yang telah dikenal Komplek dengan isi tertentu Komplek dengan isi beragam
C MERENCANAKAN DAN MENGORGANISIR KEGIATAN:
Kapasitas untuk merencanakan dan mengatur kegiatan kerja individu termasuk penggunaan waktu dan sumber yang baik, pemilihan prioritas dan pengawasan prestasi individu Di bawah pengawasan Dengan bimbingan Inisiatif sendiri dan mengeva-luasi kegiatan yang komplek
D BEKERJA DENGAN ORANG LAIN SERTA KELOMPOK DALAM SATU TIM:
Kapasitas untuk berhubungan secara efektif dengan orang lain baik antar pribadi ataupun kelompok termasuk mengerti dan memberikan respon akan keinginan klien dan bekerja secara efektif sebagai anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersama Aktifitas yang telah diketahui Membantu merancang dan mencapai tujuan Kolaborasi dalam kegiatan komplek
E MENGGUNAKAN IDE-IDE SERTA TEKNIK MATEMATIKA:
Kapasitas untuk menggunakan konsep bilangan, spasi dan ukuran dan teknik seperti perkiraan untuk praktek Tugas yang sederhana Memilih tugas yang komplek dan sesuai Evaluasi dan mengadaptasi sebagai tugas yang sesuai
F MENYELESAIKAN MASALAH:
Kapasitas untuk menjalankan strategi penyelesaian masalah baik untuk situasi dimana masalah dan solusi yang diinginkan memiliki bukti dan dalam situasi yang memerlukan pemikiran kritis dan pendekatan kreatif untuk mencapai hasil Rutin, sedikit pengawasan
Eksplorasi – pengawasan melekat Rutin, mandiri

Eksplorasi – dengan bimbingan Masalah yang komplek, pelaksanaan pendekatan sistematis, menjelaskan proses
G MENGGUNAKAN TEKNOLOGI:
Kapasitas untuk menerapkan teknologi, mengkombinasikan keahlian fisik and sensor yang diperlukan untuk menjalankan peralatan dengan pengertian ilmiah dan prinsip teknologi yang diperlukan untuk mengadaptasi system Produksi ulang atau melaksa-nakan produk dasar atau jasa Menyusun, mengatur atau meng-operasikan produk atau jasa Mendesain atau merangkai produk atau jasa

PROFIL KOMPETENSI LULUSAN


Profil kompetensi lulusan SMK terdiri dari kompetensi umum dan kompetensi kejuruan, yang masing-masing telah memuat kompetensi kunci. Kompetensi umum mengacu pada tujuan pendidikan nasional dan kecakapan hidup generik, sedangkan kompetensi kejuruan mengacu pada SKKNI.

1. Kompetensi Umum
a. Tuntutan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3
1 beriman dan bertaqwa
2 berakhlak mulia
3 Sehat
4 Cakap
5 Kreatif
6 Mandiri
7 Demokratis
8 tanggung jawab
b. Tuntutan dunia kerja

1 Disiplin
2 Jujur


2. Kompetensi Kejuruan

Level Kualifikasi Kompetensi Sub Kompetensi
Teknisi Komputer Menginstalasi PC  Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi
 Menginstalasi komponen PC
 Mengatur komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi komponen melalui sistem operasi)
 Menyambung / memasang periferal (secara fisik) dan setting periferal menggunakan software
 Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan periferal
Mendiagnosis permasa-lahan pengoperasian PC dan periferal  Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul
 Memilah masalah berdasarkan kelompoknya
 Mengisolasi permasalahan
Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang sistem PC  Mempersiapkan perbaikan PC yang bermasalah
 Memperbaiki PC
 Memeriksa hasil perbaikan sistem PC
Melakukan perbaikan periferal  Mempersiapkan perbaikan periferal yang bermasalah
 Memperbaiki periferal
 Memeriksa hasil perbaikan periferal
Melakukan perawatan PC  Menyiapkan perawatan PC
 Melakukan perawatan PC
 Memeriksa hasil perawatan PC
 Melakukan tindakan korektif dan melaporkan hasil perawatan PC
Melakukan perawatan periferal  Menyiapkan perawatan periferal
 Melakukan perawatan periferal
 Memeriksa hasil perawatan periferal
 Melakukan tindakan korektif dan melaporkan hasil perawatan periferal
Menginstalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface)  Mempersiapkan instalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface)
 Melaksanakan instalasi sistem operasi sesuai Installation Manual
 Mengecek hasil instalasi dengan menjalankan sistem operasi dan melakukan troubleshooting sederhana
 Melaporkan hasil instalasi
Menginstalasi sistem operasi berbasis text  Mempersiapkan instalasi sistem operasi berbasis text
 Melaksanakan instalasi sistem operasi sesuai Installation Manual
 Mengecek hasil instalasi dengan menjalankan sistem operasi dan melakukan troubleshooting sederhana
 Melaporkan hasil instalasi
Menginstalasi software  Mempersiapkan instalasi software
 Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual
 Mengecek hasil instalasi dengan menjalankan software (sampling) dan melakukan troubleshooting sederhana
 Melaporkan hasil instalasi
Mem-Back-Up dan Me-Restore software  Mempersiapkan software dan media back-up
 Menyimpan data dan mematikan software
 Meng-copy software ke media back-up
 Menyimpan media back-up pada tempat yang disediakan
 Me-restore software
 Mengisi Log-sheet/report-sheet
Teknisi Jaringan Menginstalasi perangkat jaringan lokal (Local Area Network)  Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi
 Menginstalasi perangkat jaringan
 Mengatur perangkat menggunakan software (melalui setup pada BIOS dan aktifasi komponen melalui sistem operasi)
 Menguji Local Area Network
Mendiagnosis permasa-lahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan  Mengidentifikasi masalah fungsionalitas jaringan pada PC melalui gejala yang muncul
 Memilah masalah berdasarkan kelompoknya
 Mengisolasi permasalahan
Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi jaringan  Mempersiapkan perbaikan konektifitas jaringan pada PC yang bermasalah
 Memperbaiki konektifitas jaringan pada PC
 Memeriksa hasil perbaikan konektifitas jaringan pada PC
Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface)  Mempersiapkan instalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface)
 Melaksanakan instalasi sistem operasi jaringan sesuai Installation Manual
 Mengecek hasil instalasi dengan menjalankan sistem operasi dan melakukan troubleshooting sederhana
 Melaporkan hasil instalasi
Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis text  Mempersiapkan instalasi sistem operasi jaringan berbasis text
 Melaksanakan instalasi sistem operasi jaringan sesuai Installation Manual
 Mengecek hasil instalasi dengan menjalankan sistem operasi dan melakukan troubleshooting sederhana
 Melaporkan hasil instalasi
Administrator Jaringan
Level 1 Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network )  Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi
 Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas
 Mengatur perangkat menggunakan software (melalui setup pada BIOS dan ROUTER serta aktifasi komponen melalui sistem operasi)
 Menyambung / memasang perangkat (secara fisik dan logikal) dan setting perangkat menggunakan software
 Menguji Wide Area Network
Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network )  Mengidentifikasi masalah fungsionalitas jaringan pada perangkat (misalnya manageable switch dan router) melalui gejala yang muncul
 Memilah masalah berdasarkan kelompoknya
 Mengisolasi permasalahan
Melakukan perbaikan dan /atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (Wide Area Network)  Mempersiapkan perbaikan konektifitas jaringan pada perangkat WAN
 Memperbaiki konektifitas jaringan pada perangkat WAN
 Memeriksa hasil perbaikan konektifitas jaringan pada perangkat WAN
Mengadministrasi server dalam jaringan  Mengidentifikasi jenjang pengguna dan aplikasi pada jaringan
 Mengatur service yang berjalan pada server
 Mengecek kondisi server melalui log file
 Mengisi Log-sheet/report-sheet
Administrator Jaringan Level 2 & 3 Merancang bangun dan menganalisa Wide Area Network  Merancang bangun sistem Wide Area Network
 Menganalisa sistem Wide Area Network


RUANG LINGKUP PEKERJAAN


Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI Bidang Teknologi Informatika pada jenjang SMK antara lain adalah:

No. Dunia usaha/industri Lingkup pekerjaan
1 Toko Komputer  Teknisi Komputer
2 Perkantoran  Teknisi Komputer
 Teknisi Jaringan
 Administrator Jaringan Level 1
 Administrator Jaringan Level 2 & 3
3 Internet Service Provider (ISP)  Teknisi Jaringan
 Administrator Jaringan Level 1
 Administrator Jaringan Level 2 & 3
4 Dunia Industri  Teknisi Komputer
 Teknisi Jaringan
 Administrator Jaringan Level 1
 Administrator Jaringan Level 2 & 3
5 Hotel dan Perbankan  Teknisi Komputer
 Teknisi Jaringan
 Administrator Jaringan Level 1
 Administrator Jaringan Level 2 & 3
6 Televisi  Teknisi Komputer
 Teknisi Jaringan
 Editor
 Programer

Dengan memanfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan juga dimungkinkan mengelola dan atau berwirausaha di bidang Komputer dan Jaringan.



SUBSTANSI PEMBELAJARAN

Substansi Pembelajaran terdiri dari 2 (dua) kelompok, yaitu substansi instruksional dan substansi noninstruksional.

1. Substansi Instruksional

Substansi instruksional adalah substansi pembelajaran yang dirancang secara terstruktur dalam kurikulum, dikelompokkan ke dalam program normatif, adaptif dan produktif. Pengorganisasian materi program normatif dan adaptif mengacu pada UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003 pasal 37, berupa nama mata diklat, sedangkan program produktif berupa nama kompetensi yang mengacu pada SKKNI.

Mata diklat pada SMK Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan adalah sebagai berikut.

a. Program Normatif terdiri dari mata diklat.
1. Pendidikan Agama
2. Pendidikan Kewarganegaraan dan Sejarah
3. Bahasa Indonesia
4. Pendidikan Jasmani dan Olah Raga

b. Program Adaptif terdiri dari mata diklat.
1. Matematika
2. Bahasa Inggris
3. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI)
4. Kewirausahaan
5. Fisika

c. Program Produktif terdiri dari kompetensi.

1. Menginstalasi PC
2. Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal
3. Melakukan perbaikan dan / atau setting ulang sistem PC
4. Melakukan perbaikan periferal
5. Melakukan perawatan PC
6. Melakukan perawatan periferal
7. Menginstalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface)
8. Menginstalasi sistem operasi berbasis text
9. Menginstalasi software
10. Mem-Back-Up dan Me-Restore software
11. Menginstalasi perangkat jaringan lokal (Local Area Network)
12. Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan

13. Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi jaringan
14. Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface)
15. Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis text
16. Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network )
17. Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network )
18. Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
19. Mengadministrasi server dalam jaringan
20. Merancang bangun dan menganalisa Wide Area Network

2. Substansi Non Instruksional

Substansi noninstruksional berisi hal-hal yang dianggap penting dan perlu bagi peserta didik, tetapi dirancang secara tidak terstruktur dalam kurikulum. Penyajiannya terintegrasi dengan substansi instruksional, yang dituangkan pada saat merencanakan strategi Pembelajaran dan penyusunan modul.

Substansi noninstruksional meliputi:
 pendidikan kecakapan hidup,
 kompetensi kunci,
 lingkungan hidup,
 Isu-isu lain seperti: muatan lokal, narkoba, pendidikan seks, dan sebagainya.




DIAGRAM PENCAPAIAN KOMPETENSI

Diagram ini menunjukkan tahapan atau tata urutan kompetensi yang diajarkan dan dilatihkan kepada peserta didik dalam kurun waktu yang dibutuhkan serta kemungkinan multi exit-multi entry yang dapat diterapkan.













































Keterangan :

HDW.DEV.100.(2).A• Menginstalasi PC
HDW.MNT.201.(2).A Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal
HDW.MNT.203.(2).A Melakukan perbaikan dan / atau setting ulang sistem PC
HDW.MNT.204.(2).A Melakukan perbaikan periferal
HDW.MNT.101.(2).A Melakukan perawatan PC
HDW.MNT.102.(2).A Melakukan perawatan periferal
SWR.OPR.101.(2).A• Menginstalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface)
SWR.OPR.102.(2).A• Menginstalasi sistem operasi berbasis text
SWR.OPR.100.(1).A Menginstalasi software
SWR.MNT.201.(1).A Mem-Back-Up dan Me-Restore software
NTW.OPR.100.(2).A• Menginstalasi perangkat jaringan lokal (Local Area Network)
HDW.MNT.202.(2).A Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan
HDW.MNT.205.(2).A Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi jaringan
SWR.OPR.103.(2).A• Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface)
SWR.OPR.104.(2).A• Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis text
NTW.OPR.200.(2).A• Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network )
NTW.MNT.201.(2).A• Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network )
NTW.MNT.202.(2).A• Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (Wide Area Network )
NTW.MNT.300.(3).A• Mengadministrasi server dalam jaringan
A Merancang bangun dan menganalisa Wide Area Network


STRUKTUR KURIKULUM

Bidang Keahlian : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan

NO. PROGRAM/MATA DIKLAT DURASI/WAKTU
(jam)
SMK 3 Tahun SMK 4 Tahun
I PROGRAM NORMATIF:
1 Pendidikan Agama 192 192
2 Pendidikan Kewarganegaraan dan Sejarah 288 288
3 Bahasa Indonesia 192 192
4 Pendidikan Jasmani dan Olah Raga 288 288
II PROGRAM ADAPTIF:
1 Matematika 516 516
2 Bahasa Inggris 550 770
3 Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) 202 420
4 Kewirausahaan 192 188
5 Fisika 150 150
III PROGRAM PRODUKTIF:
1 Menginstalasi PC 232 232
2 Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal 100 100
3 Melakukan perbaikan dan / atau setting ulang sistem PC 100 100
4 Melakukan perbaikan periferal 80 80
5 Melakukan perawatan PC 80 80
6 Melakukan perawatan periferal 40 40
7 Menginstalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) 120 120
8 Menginstalasi sistem operasi berbasis text 120 120
9 Menginstalasi software 72 72
10 Mem-Back-Up dan Me-Restore software 120 120
11 Menginstalasi perangkat jaringan lokal (Local Area Network) 192 192
12 Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan 80 80
13 Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi jaringan 192 192
14 Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface) 120 120
15 Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis text 120 120
16 Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network ) 120 120
17 Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network ) 120 120
18 Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi jaringan berbasis luas (Wide Area Network ) 120 120
19 Mengadministrasi server dalam jaringan 120 120
20 Merancang bangun dan menganalisis Wide Area Network 1210
JUMLAH 4726
6376


Keterangan:
1. Durasi Pembelajaran per jam @ 45 menit.
2. Praktek kerja di industri dilaksanakan selama 6 sampai dengan 12 bulan menggunakan lokasi waktu Pembelajaran produktif .


PENUTUP

Penyiapan masa depan generasi bangsa merupakan tanggung jawab bersama, dan kebersamaan merupakan kunci kesuksesan dalam penyiapan generasi masa depan. Akhirnya marilah kita pertahankan nilai-nilai lama yang baik dan marilah kita lakukan inovasi untuk keadaan dan masa depan yang lebih baik.
Wallahul Muwaffiq Ilaa Aqwamith Thariq.